Molina ITS Sukses Selesaikan Tour de Java

  • 0

Molina ITS Sukses Selesaikan Tour de Java

Category : Uncategorized


Surabaya—Mobil Listrik Nasional (Molina) karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sukses menuntaskan Tour de Java setelah berhasil sampai di Surabaya pada Selasa (06/05/2014).


Kedatangan Molina disambut dengan penuh kebanggaan oleh masyarakat Surabaya, pemerintah kota Surabaya dan tentu saja civitas akademika ITS di Tugu Pahlawan Surabaya. Panitia penyambutan dan Pemkot Surabaya juga mengundang siswa-siswi SMK di kota Surabaya untuk dapat menyaksikan langsung Molina sehingga dapat menginspirasi para siswa SMK di Surabaya agar selalu berusaha menciptakan inovasi terbaru dalam teknologi.

“Saya hari ini merasa senang dan sekaligus bangga walaupun selama satu minggu kemarin berdebar-debar ketika melepas tim ini sejak tanggal 25 April kemarin” ujar Rektor ITS Tri Yogi Yuwono ketika dalam acara sambutan mengutarakan rasa leganya atas keberhasilan keempat mobil ITS sampai di Surabaya.

Ia mengaku sempat khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika melaju di jalan dengan jarak tempuh kurang lebih 800 kilometer dari Jakarta-Surabaya. Ia menjelaskan, keempat mobil yang bernama Lowo Ireng, Sapu Angin Surya, Ezzy ITS 1 dan Ezzy ITS 2 akan terus dikembangkan ITS dengan dukungan dana riset dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kami bangga dengan kalian”, pungkas Tri Yogi Yuwono ketika mengungkapkan rasa terima kasih atas peran serta mahasiswa ITS dalam pengembangan Molina dan atas suksesnya Tour de Java.

Walikota Surabaya Tri Risma turut serta menyambut secara langsung kedatangan Molina mewakili masyarakat dan Pemerintah Kota Surabaya. Risma mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diukir mahasiswa ITS dalam pengembangan Mobil Listrik Nasional khususnya dan prestasi lainnya yang diraih ITS baik skala Nasional maupun Internasional.

Risma menjelaskan awalnya acara penyambutan akan dilaksanakan di Balai Kota Surabaya, namun akhirnya diputuskan untuk dilaksanakan di Tugu Pahlawan.

“Karena ini (Tugu Pahlawan) adalah monumen dimana simbol perjuangan arek-arek Suroboyo (di masa perjuangan kemerdekaan)” jelas Risma. Sehingga Tugu Pahlawan ini adalah lokasi yang tepat untuk menunjukkan rasa kebanggan atas perjuangan arek-arek ITS sehingga dapat mengembangkan Mobil Listrik Nasional.

Risma menambahkan bahwa Pemerintah dalam hal ini Pemkot Surabaya akan terus mendukung upaya ITS dalam pengembangan Molina. Risma juga berencana untuk menggunakan Mobil Listrik ITS sebagai mobil dinas.

Dikutip dari : http://dikti.go.id/blog/2014/05/07/molina-its-sukses-selesaikan-tour-de-java/


Leave a Reply