SEJARAH EZZY ITS


“Pada tanggal 19 Maret 2012
pemerintah menunjuk lima perguruan tinggi untuk berpartisipasi membuat Mobil Listrik Nasional,
yaitu: ITS, ITB, UGM, UNS, dan UI”

Sejak awal tahun 2012, mobil listrik sangat mencuri perhatian banyak pihak di Indonesia. Menanggapi isu tersebut pemerintah berecana mengembangkan proyek Mobil listrik Nasional di segala kalangan, mulai dari teknisi hingga pelajar dan mahasiswa. Di tingkat perguruan tinggi, pada tanggal 19 Maret 2012 pemerintah menunjuk lima perguruan tinggi untuk berpartisipasi, yaitu ITS, ITB, UGM, UNS, serta UI. Dari ITS, Dr Muhammad Nur Yuniarto, pencipta tricycle surya, ditunjuk sebagai dosen pembimbing Mobil Listrik ITS.
Tidak lama setelah penunjukkan Dr Muhammad Nur Yuniarto sebagai dosen pembimbing, tim terbaik untuk riset mobil listrik ITS pun mulai dipilih. Untuk mengkoordinir mahasiswa dipilihlah Agus Muchlisin. Melalui close recruitment, terpilihlah tiga anggota tim lainnya. Mereka adalah Agus Nurtriartono, Achmad Nur Husaini, dan Grangsang Sotyaramadhani. Anggota awal Tim Mobil Listrik Nasional ITS ini bertugas membuat proposal peneletian. Bersama dosen pembimbing, mereka menemukan garis besar gambaran mobil yang akan dibuat. Mereka jugalah yang akhirnya berdiskusi untuk menentukan anggota lain pada tiap divisi. Alumni Teknik Mesin ITS juga turut mendukung dengan memberikan saran-saran engineering.

 

Pada pertengahan Januari 2013 Mobil EZZY ITS I telah rampung. Untuk itulah Tim ITS akhirnya melaunching Mobil EZZY ITS I pada 26 Januari 2013. Nama EZZY diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Ir. Mohammad Nuh, DEA, saat acara berlangsung. Menurut beliau, EC yang merupakan singkatan dari Electric Car juga dapat dibaca ezzy (baca : easy). Penjelasannya, kata easy yang berarti mudah mengisyaratkan semangat bahwa membuat mobil listrik itu tidak susah. Nama EZZY ITS 1.0 pun menunjukkan mobil karya anak ITS versi pertama.


Kejadian terbakarnya EZZY ITS 1.0 membuat Tim Mobil Listrik ITS semangat untuk melakukan pengembangan riset Mobil Listrik ITS. Tekad tersebut di sambut baik oleh pihak ITS dan Mendikbud. Mereka pun mendapat tantangan untuk membuat mobil listrik dengan teknologi yang sama dalam waktu empat bulan. Mobil EZZY ITS 1.1 pun akhirnya diluncurkan pada 20 September 2013.

2
4

Leave a Reply